Antropologi

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.

Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.
Pengertian Anthropology

Anthropologi berasal dari kata Yunani άνθρωπος (baca: anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti "wacana" (dalam pengertian "bernalar", "berakal"). Anthropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial.

Anthropologi memiliki dua sisi holistik dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiaannya. Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan anthropologi dari disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/perbedaan budaya antar manusia. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metode anthropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemusatan penelitian pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal




0 komentar:

Posting Komentar

Dengan Berkomentar secara otomatis anda mendapatkan Backlink karna Blog ini Beraliran Dofollow,tapi mohon berkomentar yang sopan dan jangan meningkalkan URL yang hidup atau mati karna tempat URL sudah tersedia (Name/URL).Berkomentah yang Bermanfaat,jangan hanya bisa mengucapkan Terima kasih,karena anda punya otak yang bisa dibuat untuk berfikir.
terima kasih sudah berkunjung.salam blogger indonesia

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Links Dofollow Template by Buka Rahasia | Template Buka Rahasia